Senin, 17 Oktober 2016

Perawatan Rambut Kering dan Rusak dengan Madu


Merawat kesehatan rambut bisa dibilang gampang-gampang susah. Tidak heran jika kamu kerap menggunakan produk yang tidak cocok dengan jenis rambut. Akibatnya, rambut justru menjadi kering dan mengalami kerusakan. Tentu saja kondisi tersebut membuatmu kurang percaya diri. Namun, selama ada madu di rumah, tidak perlu khawatir karena bahan teraebut dapat mengembalikan kesehatan rambut secara alami.

Shampoo Madu
Salah satu cara memanfaatkan madu untuk merawat kesehatan rambut adalah mencampurkan ¼ cup madu asli dengan air. Namun, jangan terlalu banyak memberikan air agar kandungan dalam madu tersebut dapat bekerja secara optimal. Akan lebih baik jika menuangkan air menggunakan sendok makan agar memperoleh tekstur yang pas. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala seperti sata kamu sedang mengeramasi rambut. Selanjutnya diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Shampoo Madu Cuka Apel
Selain dapat digunakan sendiri, madu juga bisa dicampurkan dengan bahan lain yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Misalnya saja cuka apel. Cuka apel memiliki nutrisis serta tingkat keasaman yang ampuh mengembalikan pH normal kulit. Selain itu, kombinasi dari cuka apel dan madu akan menutrisi sekaligus menghindarkan kulit kepalamu dari bakteri. Cara pembuatannya cukup dengan mencampurkan ¼ cup madu asli dengan 10 sendok makan cuka apel.

Masker Madu Zaitun
Bagi kamu yang mengalami rambut kering dengan skala yang sudah parah, tidak ada salahnya mencampurkan ½ cup madu asli dengan ¼ cup minyak zaitun. Kombinasi keduanya akan menutrisi sekaligus melembapkan kulit kepala serta batang rambut secara optimal. Selain itu, masker satu ini juga dapat menguatkan akar rambut sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan risiko kerontokan rambut.


Rambut kering dan rusak memang sangat mengganggu. Namun, hal tersebut tidak akan membuatmu terus-terusan memikirkannya jika ada persediaan madu. Selain itu, agar hasilnya lebih optimal, jangan ragu untuk mengaplikasikan rambuan di atas secara rutin, ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar