Senin, 31 Oktober 2016

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer


Teknologi canggih masa kini yang semakin berkembang tentu saja membantu pekerjaan menjadi lebih mudah selesai. Rupanya, dunia kerja juga memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut. Bahkan, sudah banyak perusahaan atau pun kantor yang melengkapi fasilitas bagi karyawannya dengan beragam piranti elektrnoik. Mulai dari komputer, laptop hingga tablet yang menunjang pekerjaan.

Namun, terlalu lama menatap layar komputer ternyata membuat mata lebih rentan mengalami gangguan kesehatan. Pasalnya, layar komputer  mengeluarkan sinar radiasi yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Nah, agar mata tetap sehat dan kerjaan tetap selesai, tidak ada salahnya jika kamu menerapkan sejumlah cara berikut.

1.       Perhatikan Letak Monitor

Kebanyakan komputer yang disediakan di kantor tentu sudah di-setting sedemikian rupa oleh pihak kantor. Namun, jangan sungkan-sungkan untuk mengubah letak monitor. Pasalnya, letak monitor ternyata juga mempengaruhi kesehatan mata. Bahkan, Jim Sheedy selaku direktur dari Vision Performance Institute di Pacific University menganjurkan agar bagian teratas dari layar monitormu harus sejajar dengan mata.
Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, posisi tersebut ternyata juga mencegahmu dari risiko terkena sakit leher atau sakit punggung. Maka dari itu, jangan sungkan untuk mengubah posisi monitor jika kamu merasa tidak nyaman, ya!

2.       Atur Pencahayaan

Selain posisi monitor, ternyata kamu juga harus memperhatikan pencahayaannya. Jangan sampai terlalu terang atau terlalu gelap. Pasalnya, cahaya yang masuk ke dalam mata juga dapat mempengaruhi kesehatan dari saraf indera penglihatanmu. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menemukan cahaya yang tepat bagi matamu.
Banyak pekerja yang lebih nyaman jika pencahayaan pada komputer di-setting pada full spectrum fluorescent. Namun, bagi kamu yang ingin melindungi mata lebih optimal, bisa memasang layar anti-radiasi di monitor.

3.       Olahraga Mata

Menatap layar monitor terlalu lama ternyata berisiko menyebabkan mata kering lebih besar. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika di sela-sela bekerja, kamu melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan mata. Tenang, olahraga di sini bukan olahraga yang akan menyita waktu dan energimu selama di kantor. Kamu hanya perlu mengedipkan mata lebih sering agar bola mata tetap lembap dan tidak kering. Pasalnya, kondisi mata kering ternyata memicu iritasi yang akan menganggu rutinitasmu.
Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktu setiap 30 menit untuk menggerakkan mata. Sekedar menggerakkan bola mata ke atas-bawah, samping kiri-kanan, atau memutar bola mata ternyata dapat menjaga kinerja otot dan saraf pada mata.


Nah, ternyata menjaga kesehatan mata bagi para pekerja yang sering menggunakan gadget tidak begitu sulit. Bahkan, sejumlah cara di atas juga bisa dilakukan sembari menyelesaikan pekerjaan. Kerja itu penting, tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh, ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar